Samstag, 2. Januar 2010

Refleksi dari Sebuah Perjalanan Panjang

Liburan akhir tahun, di mana orang- orang menikmati untuk bersantai, buat saya sudah tidak lagi. Liburan yang saya harapkan membuat otak saya meninggalkan realita, ternyata tidak sama sekali. Melihat kembali sebuah realitas kemajuan negara lain, dan ketertinggalan negara ini membuat hari2 tersebut gelisah terus menerus.

Kemajuan yang pesat kulihat dari kota itu, gila bisa dibilang melebihi NYC, dan listrik yg dipakai ratusan ribu watt, lalu aku bertanya dari mana mereka mendapat listrik itu? INDONESIA! INDONESIA MEMASOK BATU BARA UNTUK PLTU NEGARA TERSEBUT 24 JAM NONSTOP. Kapal2 tongkang melewati sungai2 membawa batu bara, terlebih beberapa bulan yang lalu BUMI RESOURCES harus memasok 10 thn batu bara ke negara tsb karen tidak mampu melunasi pembayaran.ckckckck.  Indonesia kekurangan listrik, sedangkan mereka berlimpah dengan kekayaan alam kita.

Kota itu terus menerus membangun, dan ku percaya akan menjadi raksasa. gedung2 80% bertingkat diatas 40 lantai, pembangunan bisa diblang nonstop 24 jam pagi siang malam terus ada pekerjaan proyek..

KAPAN NEGARA KITA BISA SEPERTI ITU? APAKAH BISA? BAGAIMANA CARANYA?

Bisa negara kita seperti itu, terus menerus berfikir apa yang harus ku lakukan. 
aku menemukan jawabannya. KIta generasi muda, untuk saat ini kita belajar yang sungguh serap ilmu sebanyak2nya, kita pertahanankan idealisme, impian, dan cita2 besar kita sesuai bidang kita masing. Kita sama2 memiliki tujuan sukses dibidang masing2, tanpa menjadi kuli bangsa asing,tanpa menjual aset negara kita, kita memanfaatkan seluruh kemampuan kita, kita bangun negara kita..
Bagi mereka yang mau masuk pemerintahan dan berkiprah di dalammnya, janganlah selewengkan uang rakyat. MENJADI PEMIMPIN BERARTI MENJADI PELAYAN, KITA MELAYANI MASYRAKAT, KITA ( PEMERINTAHAN ) HIDUP DARI PAJAK RAKYAT, MEREKA MEMBAYAR KITA UNTUK BEKERJA YANG BENAR UNTUK MEREKA. JANGAN SAMPAI RAKYAT MARAH, VOX POPULI VOX DEI

Kalau anda bertanya apa yang dimiliki Indonesia untuk menjadi raksasa dan apa kekurangan kita saya coba jabarkan dengan pengetahuan saya ini.

Kelebihan Indonesia
1. Dikelilingin oleh lautan yang memungkinkan melakukan transportasi laut untuk perdagangan
2. Memiliki kekayaan alam yang melimpah, dan potensi hutan produksi yang baik.
3. Kebudayaan yang beragam bisa menjadi objek pariwisita yang menarik.
4. Masih melekatnya kebudayaaan suku2 purba seperti Baduy, Asmat, bisa menjadi objek pariwisata
5. Keindahan alam yang bisa menjadi objek pariwisata.
6. Keadaan tropis sehingga memudahkan beraktivitas di outdoor selama 1 tahun ( tdk seprti negara 4 musim )
7. Makanan yang memiliki ragam dari yang mengandung babi dan tidak
8. Jumlah populasi yang besar sehingga bisa digunakan sebagai tenaga kerja yang murah sehingga mampu mengurangi biaya produksi ( kenyataannya tidak, ini pemerintah masih banyak membebani buruh atau buruh kebanyakan minta )
9. Masyarakat yang dpt dikatakan ramah dan socialable membuat tourist menjadi nyaman.
10. Memiliki landasan terbang di berbagai daerah, sehingga mudah untuk transportasi ( harus diperbaiki untuk beberapa daerah tertinggal )

Kekurangan Indonesia :
1. Manajemen pemerintahan yang buruk, karena masih bermental terjajah
2. Budaya konsumtif yang buruk dikarenakan masih mendewakan produk impor
3. Kebijakan pemerintah yang lebih pro dengan asing ( dodol juga sih )
4. Belum memiliki rasa PERCAYA DIRI dengan kemampuannya
5. Terlalu banyak meberikan toleransi terhadap kesalahan apapun, kita harus mulai mengenal istilah ZERO TOLERANCE( tegas )
6. Para stake holder lebih mementingkan kepentingan mereka, mereka seharusnya sadar dgn posisi mereka bahwa negara ini butuh perhatian khusus.
7. Belum ada tanggung jawab yang menyeluruh diberbagai lapisan masyarakat
8. Belum adanya SISTEM yang tepat, kembali lagi semua masih ribut masalah POLITIK ( seperti bank century, dan kampanye ) sehingga terlalu sibuk melakukan pencitraan politik kembali, jadi mereka tidak bisa membuat sistem.
9. Sistem yang ada TIDAK EFISIEN.
10. Peraturan dan kebijakan yang ada banyak yg masih mengikuti asing biar dibilang maju, tapi mereka tidak sadar ciri khas masyarakat Indonesia, seharusnya kita yang kreatif dan bertanggung jawab yang memimpin bangsa ini, bukan sekdar kaum intelektual sajaaaa....

Sejenak saya sempat berfikir untuk merubah impian terbesar saya untuk membangun maskapai terbesar dgn flag carrier Indonesia, merubah untuk menjadi membangun negara ini. Ini masih terus menjadi pertanyaan. semoga saya bisa menemukan jawabannya.!

GENERASI MUDA INDONESIA, MENJADIKAN NEGARA KITA HEBAT ADALAH SEBUAH MIMPI YANG BESAR DAN SANGAT BESAR JIKA INI HANYA DITOPANG OLEH SATU ATAU SEGELINTIR ORANG, TETAPI SANGAT KECIL JIKA KITA SEMUA MAU MENOPANGNYA, KITA 200 JUTA PENDUDUK INDONESIA DENGAN 400 JUTA TANGAN KITA, AKAN MAMPU MENGGAPAI MIMPI BESAR ITU. 


SIAPA LAGI KALAU BUKAN KITA YANG MENGGAPAI MIMPI ITU?

Keine Kommentare:

Kommentar veröffentlichen