Dienstag, 15. Dezember 2009

BALIBO



Balibo, film dengan latar belakang situasi invasi Indonesia terhadap Timor Lorosae pada tahun 1975.
Film ini menceritakan mengenai perjalanan 5 wartawan Australia dari Ch. 9 dan Ch.7. Mereka pergi dari Dili menuju Balibo untuk meliput kondisi peperangan di garis depan ( perbatasan Indonesia - Timor Lorosae ).
Film ini dapat dikatakan memfokuskan bagaimana Australia membantu Timor Leste dalam memberitakan keadaan di negara tersebut, seakan2 Australia sangat berjasa. Dalam film ini juga ditunjukan dengan kekejaman TNI-AD ( ABRI ) melakukan pembantaian di kota Dili dan sekitarnya.

Tidak lepas dari film tersebut, kekejaman ABRI saat itu dapat dikatakan wajar pada saat Era Soeharto. Mengapa ?  Seperti kita ketahui, TNI merupakan alat pemerintah di Indonesia untuk menghilangkan orang-orang yang menganggu kinerja pemerintah, dituduh komunis dan sebagainya. Mungkin benar film ini menggambarkan TNI sangat keji menembaki warga Timor Leste. Tetapi yg perlu ditanyakan dalam film ini tentara pemberontah Timor Leste mengapa tidak melakukan perlawanan? Setiap diserang, mereka mundur.. seakan-akan mereka menyerahkan wilayahnya.

Keine Kommentare:

Kommentar veröffentlichen